Habar Ulun

Foto Saya
Saya adalah salah satu seorang Mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S-1 Bahasa Indonesia di salah satu sekolah tinggi di Kotabaru,Kalimantan Selatan. Saat ini, saya lebih aktif untuk melakukan browsing, ngeblog dan sebagainya, karena saya merasa lebih happy dan lebih mendalami bidang ini. Semoga rujukan yang saya kutip dari berbagai sumber ini, dapat bermanfaat bagi kita semua, jika ada yang kurang berkenan, saya sangat memohon kritik dan saran dari Anda, salam dan terima kasih.

Senin, 24 Juni 2013

PENELITIAN SASTRA DAN PENGAJARANNYA

1.      Objektivitas penelitian sastra(bersatu dengannya)
a.       Masuk cipta sastra(bersatu  dengannya)
b.      KS dhasilkan manusia, tenaga dan otak manusia, struktur digarap dengan rapi dan menarik
2.      Pendekatan
a.       Objektif(cara pandang/teori)/struktural/intrinsik/imajinatif. Metode:cara masih konsep & bm digunakan.
b.      Sosiologi/post struktural/ekspresif/ekstrinsik
c.       Mimetik : tiruan alam
d.      Pragmatik : makna yang disampaikan pembicara kepada pendengar pada saat itu.
3.      Metode
a.       Adanya masalah
b.      Penelitian memerlukan metode
c.       Metode penelitian sastra adalah cara yang dipilih o/ peneliti dengan mempertimbangkan bentuk, isi dan sifat sastra sbg subjek kajian/cara yang opersional dalam penelitian
4.      Penelitian
a.       Naturalistik/kualitatif : menemukan teori baru. Peneliti sbg instrumen.
Sumber data, alur pnlitian. Bisa b’ubh
b.      Ilmiah/kuantitatif : menguji. Angket & responden. Kerangka b’pkir, statistik & deskriptif, asumsi, hipotesis. Subjek pnlitian(popu & sampel)
5.      Penelitian ilmiah
a.       Penyelidikan yang hati-hati dan kritis dlm mencari fakta, data/prinsip & melahirkan teori2 yg mmpu mnjlaskan & mrmalkan fenomena2
-          Penelitian(proses)______ilmu(hasil)
-          Penelitian(proses)______ilmu(proses)______kebenaran(hasil)
6.      Motivasi penelitian
a.       Penelitian merupakan refleksi dari keingintahuan manusia
b.      Penelitian adalah kegiatan u/ memecahkan masalah2 sosial/khdpn s’hr2
7.      Tujuan penelitian
a.       Hussey(’97) – meninjau ulang IP, - mnylidiki bbrp mslh
b.      Sutrisno hadi(80) – menemukan. Brusha mndpt IP
c.       Tutoli(“90) – untuk pembinaan & pengembangan sstra it.
d.      Pradopo(“90) mmhmi mkna KS sedalam-dalamnya
e.       u/ kpntingn ilmu lain spt agama, filsafat & moral
f.       mmbntu pngmbngn teori sastra, pnulisan sjrh sstra
g.      pnltian sstra akn mnjd jmbtn antra pnulis, teks & pembaca
8.      parafrase – fitur2 mkna – analisis – melakukan penelitian
9.      krkteristik pnltian mnrt Emory (“85)
a.       mslh & tjuan pnltian hrs drumuskn dg jlas & btul
b.      prosedur pnltian prlu djbarkn sec. Rinci
c.       prosedur dlm rncngn pnltian hrs tliti(valid, reliabel, objektif)
10.  metodologi
a.       adlh ilmu mengenai mtode
b.      tdk bkaitan dg teknik2 pnltian. Mlainkn knsep2 dsar logika sec. Ksluruhan.
c.       Urutn yg relatif buku mulai paradigma, metodologi, metodologi teori, mrtode & teknik
d.      Mkin dkat hbungnnya dg objek(teknik), jika makin jauh disbt metode/teori.
11.  Teori adl dsar teori, truji kbnrn’y, pux korelasi
a.       teori & praktik saling melengkapi & mmbntu
b.      objek mlhirkn teori, teori mmbri kmudhn dlm mmhmi objek
c.       teori hrus dsmpurnakn sec. Trus mnrus
d.      u/ mngubh & mmbngun pngthuan jd IP
e.       pradaban manusia mlhirkn pngthuan, yaitu bbgai pmhmn mnusia thdp gjla2 alam
Mnrt Fokkema & Kunne-Ibsch(“77:175), pnltian thdp sstra umumnya mmnfaatkn teori yg sdh ad.
12.  Pnltian teori ad 2 cara
a.       Teori tdhlu, klmhn tjd stagnasi dlm bid. Teori
b.      Teori sndri, teori substantif(sgt mndsar). Tdk smua pnliti bngun teori sendiri.
13.  Teori dinamis dpt dimodifikasi
a.       Teori IP sastra diadopsi mllui pmikirn para srjana barat. Prtimbngn’y adl
-          Tradisi IP dan sastra bkmbng di barat.
-          KS sklgs bsft lokal & umum
-          Globalisasi mnghpuskn pbedaan brat n timur
14.  Teori sastra
a.       Sprngkt konsep yg bkaitan sec. Ilmiah, dsjikn sec. Sstemtis, bfungsi u/ mnjlskn gjla sstra
b.      Kritik sstra(pnlaian)
c.       Sjrh sstra(prkmbngn’y)
d.      Teori b’peran sbg rambu2 awl dlm pnlitian. Judul dtntukn paradigma
15.  Sifat teori yg baik
a.       Mh dssuaikn dg ciri2 hny yg akn danalisis
b.      Mdh dssuaikn dg mtode & teori yg mnyrtai’y
c.       Dpt dmnfaatkn u/ mnganalss ilmu sjnis maupun bbeda
16.  Pnlitian sstra
a.       Lmbga pnlitian n PT msh b’orientsi pd pnlitian teks sstra(intrinsik), pnltian tsb mngrah pd kpntngn sstra u/ sstra
b.      Pnlti cndrung ttrik pd sstra tlis, akbt’y sstra lisan hmpir punah
c.       Msh tglong ringan kdar keilmiahannya krn dpngruhi
-          Sluk bluk mnjemen pnltian yg kurng kondusif
-          Pnerapn metode ilmiah yg rndah krn sbjektvits pnltian yg tk trkndali
-          Pndktn, teori, objek & teknik yg akurat dpt mningktkn kdar k’ilmiahan sbuah pnlitian sstra
17.  Metode Penelitian menurut Semi(“93:23)
a.       Kual : mngikuti prss vrifikasi mllui pngkrn & anlss yg dkuantfikasi, mnggnakn data sttstik model mtk
b.      Kul mngtumakn kdlmn pnghytn intrksi antrknsep yg sdg dkji sec. Empiris
18.  Penelitian Kual dsbt jg...
a.       Dr pstvisme : mmndng realita sosial sbg sswt  yg holistik/utuh, kmpleks, dnmis & pnuh mkna
b.      Naturalistik : pnltian’y dlkkn dg kndsi alamiah & krn data yg tkmpul, anlss’y bsft kual.
19.  Krakteristik pnlitian kual mnrt Bogdan & Bitden(“82)
a.       Dlkkn pd kndsi almiah, lngsng k smber data, pnliti sbg instrumen knci
b.      Deskriptif. Dta bbntuk kata2/gbr
c.       Mnekankn pd prss drpd produk
d.      Anlss sec. Induktif
e.       Mnekankn mkna
20.  Sstemtika pnulisn prop. Pnltian kual
Judul tentatif/sementara, ltr blkng, rmusn, btsn, tjuan, mnfaat, lndsan/kjian, metode pnlitian(pndktn/metode, instrumen, smber data, teknik pngmpln data, analisis data)
21.  Aliran pnltian sstra
a.       Metode intuisi : prasaan, imajinatif
b.      Hermeneutika : pnfsiran(pure/murni)

c.       Kual : di skli2ng

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar