Habar Ulun

Foto Saya
Saya adalah salah satu seorang Mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S-1 Bahasa Indonesia di salah satu sekolah tinggi di Kotabaru,Kalimantan Selatan. Saat ini, saya lebih aktif untuk melakukan browsing, ngeblog dan sebagainya, karena saya merasa lebih happy dan lebih mendalami bidang ini. Semoga rujukan yang saya kutip dari berbagai sumber ini, dapat bermanfaat bagi kita semua, jika ada yang kurang berkenan, saya sangat memohon kritik dan saran dari Anda, salam dan terima kasih.

Senin, 24 Juni 2013

PENELITIAN SASTRA DAN PENGAJARANNYA

1.      Objektivitas penelitian sastra(bersatu dengannya)
a.       Masuk cipta sastra(bersatu  dengannya)
b.      KS dhasilkan manusia, tenaga dan otak manusia, struktur digarap dengan rapi dan menarik
2.      Pendekatan
a.       Objektif(cara pandang/teori)/struktural/intrinsik/imajinatif. Metode:cara masih konsep & bm digunakan.
b.      Sosiologi/post struktural/ekspresif/ekstrinsik
c.       Mimetik : tiruan alam
d.      Pragmatik : makna yang disampaikan pembicara kepada pendengar pada saat itu.
3.      Metode
a.       Adanya masalah
b.      Penelitian memerlukan metode
c.       Metode penelitian sastra adalah cara yang dipilih o/ peneliti dengan mempertimbangkan bentuk, isi dan sifat sastra sbg subjek kajian/cara yang opersional dalam penelitian
4.      Penelitian
a.       Naturalistik/kualitatif : menemukan teori baru. Peneliti sbg instrumen.
Sumber data, alur pnlitian. Bisa b’ubh
b.      Ilmiah/kuantitatif : menguji. Angket & responden. Kerangka b’pkir, statistik & deskriptif, asumsi, hipotesis. Subjek pnlitian(popu & sampel)
5.      Penelitian ilmiah
a.       Penyelidikan yang hati-hati dan kritis dlm mencari fakta, data/prinsip & melahirkan teori2 yg mmpu mnjlaskan & mrmalkan fenomena2
-          Penelitian(proses)______ilmu(hasil)
-          Penelitian(proses)______ilmu(proses)______kebenaran(hasil)
6.      Motivasi penelitian
a.       Penelitian merupakan refleksi dari keingintahuan manusia
b.      Penelitian adalah kegiatan u/ memecahkan masalah2 sosial/khdpn s’hr2
7.      Tujuan penelitian
a.       Hussey(’97) – meninjau ulang IP, - mnylidiki bbrp mslh
b.      Sutrisno hadi(80) – menemukan. Brusha mndpt IP
c.       Tutoli(“90) – untuk pembinaan & pengembangan sstra it.
d.      Pradopo(“90) mmhmi mkna KS sedalam-dalamnya
e.       u/ kpntingn ilmu lain spt agama, filsafat & moral
f.       mmbntu pngmbngn teori sastra, pnulisan sjrh sstra
g.      pnltian sstra akn mnjd jmbtn antra pnulis, teks & pembaca
8.      parafrase – fitur2 mkna – analisis – melakukan penelitian
9.      krkteristik pnltian mnrt Emory (“85)
a.       mslh & tjuan pnltian hrs drumuskn dg jlas & btul
b.      prosedur pnltian prlu djbarkn sec. Rinci
c.       prosedur dlm rncngn pnltian hrs tliti(valid, reliabel, objektif)
10.  metodologi
a.       adlh ilmu mengenai mtode
b.      tdk bkaitan dg teknik2 pnltian. Mlainkn knsep2 dsar logika sec. Ksluruhan.
c.       Urutn yg relatif buku mulai paradigma, metodologi, metodologi teori, mrtode & teknik
d.      Mkin dkat hbungnnya dg objek(teknik), jika makin jauh disbt metode/teori.
11.  Teori adl dsar teori, truji kbnrn’y, pux korelasi
a.       teori & praktik saling melengkapi & mmbntu
b.      objek mlhirkn teori, teori mmbri kmudhn dlm mmhmi objek
c.       teori hrus dsmpurnakn sec. Trus mnrus
d.      u/ mngubh & mmbngun pngthuan jd IP
e.       pradaban manusia mlhirkn pngthuan, yaitu bbgai pmhmn mnusia thdp gjla2 alam
Mnrt Fokkema & Kunne-Ibsch(“77:175), pnltian thdp sstra umumnya mmnfaatkn teori yg sdh ad.
12.  Pnltian teori ad 2 cara
a.       Teori tdhlu, klmhn tjd stagnasi dlm bid. Teori
b.      Teori sndri, teori substantif(sgt mndsar). Tdk smua pnliti bngun teori sendiri.
13.  Teori dinamis dpt dimodifikasi
a.       Teori IP sastra diadopsi mllui pmikirn para srjana barat. Prtimbngn’y adl
-          Tradisi IP dan sastra bkmbng di barat.
-          KS sklgs bsft lokal & umum
-          Globalisasi mnghpuskn pbedaan brat n timur
14.  Teori sastra
a.       Sprngkt konsep yg bkaitan sec. Ilmiah, dsjikn sec. Sstemtis, bfungsi u/ mnjlskn gjla sstra
b.      Kritik sstra(pnlaian)
c.       Sjrh sstra(prkmbngn’y)
d.      Teori b’peran sbg rambu2 awl dlm pnlitian. Judul dtntukn paradigma
15.  Sifat teori yg baik
a.       Mh dssuaikn dg ciri2 hny yg akn danalisis
b.      Mdh dssuaikn dg mtode & teori yg mnyrtai’y
c.       Dpt dmnfaatkn u/ mnganalss ilmu sjnis maupun bbeda
16.  Pnlitian sstra
a.       Lmbga pnlitian n PT msh b’orientsi pd pnlitian teks sstra(intrinsik), pnltian tsb mngrah pd kpntngn sstra u/ sstra
b.      Pnlti cndrung ttrik pd sstra tlis, akbt’y sstra lisan hmpir punah
c.       Msh tglong ringan kdar keilmiahannya krn dpngruhi
-          Sluk bluk mnjemen pnltian yg kurng kondusif
-          Pnerapn metode ilmiah yg rndah krn sbjektvits pnltian yg tk trkndali
-          Pndktn, teori, objek & teknik yg akurat dpt mningktkn kdar k’ilmiahan sbuah pnlitian sstra
17.  Metode Penelitian menurut Semi(“93:23)
a.       Kual : mngikuti prss vrifikasi mllui pngkrn & anlss yg dkuantfikasi, mnggnakn data sttstik model mtk
b.      Kul mngtumakn kdlmn pnghytn intrksi antrknsep yg sdg dkji sec. Empiris
18.  Penelitian Kual dsbt jg...
a.       Dr pstvisme : mmndng realita sosial sbg sswt  yg holistik/utuh, kmpleks, dnmis & pnuh mkna
b.      Naturalistik : pnltian’y dlkkn dg kndsi alamiah & krn data yg tkmpul, anlss’y bsft kual.
19.  Krakteristik pnlitian kual mnrt Bogdan & Bitden(“82)
a.       Dlkkn pd kndsi almiah, lngsng k smber data, pnliti sbg instrumen knci
b.      Deskriptif. Dta bbntuk kata2/gbr
c.       Mnekankn pd prss drpd produk
d.      Anlss sec. Induktif
e.       Mnekankn mkna
20.  Sstemtika pnulisn prop. Pnltian kual
Judul tentatif/sementara, ltr blkng, rmusn, btsn, tjuan, mnfaat, lndsan/kjian, metode pnlitian(pndktn/metode, instrumen, smber data, teknik pngmpln data, analisis data)
21.  Aliran pnltian sstra
a.       Metode intuisi : prasaan, imajinatif
b.      Hermeneutika : pnfsiran(pure/murni)

c.       Kual : di skli2ng

PROBLEM PENGAJARAN SASTRA ( Sastra Anak)


1.      Tujuan pembelajaran
a.       Pentingnya sastra dalam kehidupan
b.      Pentingnya sastra terhadap perkembangan anak
c.       Indentifikasi lebih lanjut masalah yang ada dalam sastra
2.      Pengertian belajar menurut Morgan dkk adalah setiap perubahan tingkah laku yang relatif tetap dan terjadi sebagai hasil latihan/pengalaman.
3.      Prinsip2 belajar
a.       Perubahan tingkah laku
b.      Perubahan tersebut terjadi karena latihan atau pengalaman, karena ada unusr kedewasaan
c.       Perubahan relatif permanen dan tetap ada dengan waktu yang lama
4.      Mengajar
a.       Wijaya & tabrani Rusyan(‘92) adalah membimbing kegiatan siswa belajar, mengatur dan mengorganisasikan lingkungan yang ada di sekitar siswa
b.      Davies : suatu aktivitas profesional yang memerlukan keterampilan tingkat tinggi dan mencakup pengambilan keputusan-keputusan sbg pengelola proses belajar mengajar, seorang pengajar harus melaksanakan tugas : merencanakan, mengatur, mengarahkan, dan mengevaluasi
5.      Pengajar harus memahami prinsip-prinsip belajar
a.       Siswa belajar sec. Aktif
b.      Memiliki tingkat kemampuan siswa yang berbeda
c.       Seorang siswa akan dapat belajar dengan baik jika mendapat penguatan langsung pd setiap langkah yang dilakukan selama proses belajar
d.      Penguasaan siswa thdp stiap lngkh pmbljrn akn mmbuat prss bljr lbh b’arti
e.       S’org sswa akn btmbh mtvsi’y u/ belajar apabila mndptkn kprcyaan atas bljr’y(Toeti & Udin)
6.      Pengajaran menurut Hamalik. Tingkat kmjuan
a.       Sm dg kgtn mengjar
b.      Intrksi bljr-mngjr
c.       Suatu sstem
d.      Indntik dg pndi2kn
7.      Apresiasi KS ( latin “apreciatio”/appreciation “ mengindahkan/menghargai)
8.      Panuti Sudjiman(’90) : bntuk pnghrgaan thdp KS ddsrkn pd pmhmn pmbc
9.      Tarigan (’84) : pnksirn kualitas KS srta pmbrian pnilaian yg wjar kpd’y bdsarkn pngmtn & pnglmn yg sdar & kritis
10.  Memahami sstra & Dunia Anak
Sstra dunia dalam kata : manusia dg manusia,alam, dan Tuhan, ddskripsikn dg bhsa.
a.       Sstra anak
-          Buku bacaan yg sngja dtlis sbg bacaan ank, isi’y ssuai minat & pnglmn anak, ssuai tkt pkmbngn & intelek
-          crta yg bkolerasi dg dnia ank & bhsa yg dgnakn ssuai pkmbngn intelek & emosi anak
-          lukens(2003) : sbuah krya yg mnwarkn 2 hal utma, ksngn & pmhmn
-          hunt (’95:61) : bku bacaan yg dbc o/ ank, co2k & dpt mmuaskn sklmpk pmbca yg dsbut ank.
-          O’ Suliivan(2005:13) : srna mnanamkn nlai pd gnerasi brikut’y
-          Cristantiowati(1996:13) ; SA dg SD beda dlm “kdlmn”. Krn pnglmn ank mash trbts.
11.  Sarumpaet(’76:23), 4 rumusan ttg cra ank2
a.       Trdsional : tmbuh dr lpsn masy., bntuk mitologi, crt binatang, lgenda, dongeng dsb
b.      Idealistis : bsft patut & univ., ddsarkn pd bhan2 tbaik yg d’ambil dr zaman yg lalu maupun skrg
c.       Populer : mnghbur, sswt yg mnynangkn anak
d.      Teoritis : dknsmsi ank dg bmbingn & arahn anggota2 dwasa suatu masy.
Sarumpaet dg Perry, SA : bersifat didaktik, dg psan budaya yg mlkat kuat dlm crt2 yg drcng sbg srana bljr ank2 bgma mnjd org dwasa.
12.  Kategori anak
a.       Erikson – rasa percaya(1th), otonomi(3), inisiatif(3-6), kwjibn(6-12). Dktegorikn sbg ank yaitu 1-12 thun.
b.      Huck, dkk. Bdsarkn buku2 yg cocok. – sblm skul-masa prtmbuhn(1 & 2), prasekolah & TK(3-5), masa awal skul(6-7), elemntari tngah(8-9), akhir(10-12)
c.       Piaget, ad 4 tahapan. – tahap sensori motor/the sensory-motor period(0-2). – praoperasional/the concrete operational(7-11). – operational formal/the formal operational(11-12)
d.      KESIMP : sstra ank dr 0 hingga 12 th
13.  Genre sastra anak
a.       Lukens(2003:13), tipe ksstraan yg pux sprngkt krteristik umum
b.      KBBI(2003:354), jenis, tipe/klmpk dlm sstra bdasrkn bntuk’y:ragam sastra
c.       Nurgiantoro
-          Fiksi, mnmpilkn cra khyal, bntuk uraian dg kal. Relatif pjg dlm bntuk narasi
-          Nonfiksi, kbnaran faktual, sjrh, sswt yg lain mmliki krangka acuan pasti
-          Puisi, singkt, pdat, larik2 pndek yg mmbntuk bait
-          Sstra tradisional, sstra rkyt yg dwriskn sec. Turun tmrun.
-          Komik, gmbr sdkit tulisan.
14.  Manfaat sastra anak
a.       Ank akn mmproleh ksnangan & mndptkn knikmtn ktika mmbc/mndgrkn crta yg dbcakn u/’y
b.      Mngmbngkn imajinasi, intelek, kmmpuan bbhsa mningkt, mengneal budaya, mmhmi nlai kindahn, pnglmn luar biasa
15.  Hub. Prkmbgn ank dg sstra ank
0 hingga 12 tahun merupakan usia perkembangan anak. Anak mlai brknln dg sastra, krn ank mmliki kmmpuan u/ mnguasai ktrmpln bbhsa, mrupkn bkal/ media dlm mmhmi sstra. Ttrik mndgrkn crta/dongeng.
16.  Pengaruh lingk. Thdp pmbntukan kpribadian ank tjd krn(Locke)
a.       Proses asosiasi, ksdran bahwa 2 gagasan dlm diri ank sll mncul b’sm2 sec. Tratur, shg ank tdk mmkirkn yg satu tnp srntak mmkirkn yg lain.
b.      Imitasi, meniru
c.       Repetisi, tkh laku yg dlkkn b’kali2,
d.      Reward & punishment(penghargaan&pnghkumn)
17.  Problem – tdk dbwa ke alam tbuka, tdk mngnalkn pd sstrwan, guru tdk mmprktiknnya, pndi2kn prajbtn guru, kmptnsi guru sstra, profesi guru sstra & blnjut pd pngjuan, solusi, tdk mnguasai, implementasi, apresiasi rndah, pnghrgaan